Wednesday, August 13, 2014

Taman Ujung, Bali

Liburan hari ke-4 (bagian 1)

Tujuan pertama di hari ke-4 ini adalah Taman Ujung. Nama lain dari Taman Ujung yaitu Taman Soekasada. Taman Ujung terletak di Jalan Raya Seraya Desa Ujung, Karangasem, Bali. Taman Ujung merupakan objek wisata yang sangat cocok bagi pecinta fotografi. Saking menariknya objek wisata ini, saat kami berkunjung ke sana, ada yang lagi foto prewedding lho! Duh, langsung pengen lompat ke kolam! (>.<) Ga penting, next!

Warisan budaya leluhur taman Soekasada Ujung kabupaten Karangasem adalah salah satu bukti sejarah yang dibangun Raja Karangasem pada tahun 1919. Raja Karangasem yang terakhir bertahta pada tahun 1909-1945 bergelar Ida Anak Agung Anglurah Agung Ketut Karangasem.

Taman Ujung memiliki beberapa bagian yang sangat menarik. Yuk, kita eksplor semuanya!

Balai Gili
Balai Gili
Bangunan Balai Gili, digambarkan berdiri di atas pulau kecil yang berada di tengah kolam, dengan dua jembatan sebagai penghubung menuju ruangan yang ada pada Balai Gili. Tempat ini dipergunakan sebagai tempat peristirahatan Keluarga Raja.

Kolam Air Mancur
Kolam Air Mancur
Kolam Air Mancur ini dikelilingi oleh enam patung bidadari dan enam pot bunga, di tengah-tengah berdiri patung Dewi yang sedang memegang kendi. Dari kendi yang dipegang mengucurkan air, sebagai pertanda menyiratkan kesejahteraan.

Balai Kapal
Tangga menuju ke Balai Kapal. Cukup tinggi yah!
Bangunan ini adalah pintu masuk utama dari Taman Soekasada Ujung, selain itu bangunan ini berfungsi sebagai tempat monitor bagi kapal-kapal yang lewat di Selat Lombok. Ketika Raja refreshing ke Taman Soekasada Ujung, dari tempat inilah Beliau pertama kali beristirahat sejenak untuk melihat-lihat pemandangan. Laut maupun gunung dapat dilihat dengan jelas.
Keren ga coy?!
Kerenan mana sama yang ini? Hahaha...
Pemandangan dari atas Balai Kapal

Balai Bundar
Suasana di dalam Balai Bundar
Balai Bundar yang dibuat dengan desain dan langgam yang merupakan perpaduan arsitektur Bali dan Eropa. Balai Bundar ini memiliki makna sebagai tempat sakral yaitu tempat manakalah Sang Raja melakukan Yoga Semadhi.

Setelah Taman Ujung, destinasi wisata berikutnya adalah Taman Tirta Gangga! Apakah suasananya akan mirip-mirip atau malah jauh berbeda? Yuk, dibaca postingan gue selanjutnya. Hehehe...

No comments:

Post a Comment