Wednesday, August 13, 2014

Malioboro, Yogyakarta

Liburan hari ke-8 (bagian 2)

Sejauh ini gimana pendapat kalian mengenai postingan gue? Apakah cukup tertarik ngebaca semuanya? Tapi seru khan?! Hehehe... Oke, kali ini gue akan menceritakan mengenai destinasi gue yang terakhir, yaitu Malioboro. Tapi jangan kecewa, walaupun ini destinasi yang terakhir, tetapi Malioboro telah menjadi salah satu ikonnnya kota Yogyakarta. Seperti Candi Prambanan, Malioboro merupakan salah satu tempat yang familiar buat gue. Hampir setiap tahun gue ke Malioboro, yang terakhir adalah tahun 2012 dan tahun 2013 kemarin. Sebelum menceritakan kami ngapain ajah di Malioboro, gue akan menjelaskan sedikit mengenai Malioboro.
Lesehan di Malioboro
Malioboro merupakan surga belanja di kota Jogja. Letak Malioboro berada di antara stasiun kereta api Tugu dan Keraton Yogyakarta. Barang apapun bisa dibeli di sini, dari mulai kaos, celana pendek, sampai makanan! Hehehe... Gue pun pernah membeli hampir semua jenis barang di sini, mulai dari kaos sampai handphone, dan tahun ini gue membeli sebuah celana pendek untuk oleh-oleh ade gue satu-satunya. Kalau ade-adean sih gue no comment yah! Hahaha... (~.^)v

Tips penting bagi yang mau belanja di Malioboro adalah pintar-pintarlah dalam menawar! Rata-rata barang yang dijual di sini bisa ditawar, kecuali kaos-kaos yang harganya sudah dipajang di emperan toko. So, gimana serunya cerita kami di Malioboro ini? Cekidot!

Kami tiba di Malioboro sekitar pukul 7 malam. Karena ini merupakan destinasi terakhir sebelum kembali ke Jakarta, maka kami diharuskan mencari makan malam dan berbelanja oleh-oleh bagi yang mau berbelanja. Oke, berarti misi pertama adalah mencari makan malam!

Kami berjalan sepanjang trotoar dari arah stasiun Tugu ke arah Keraton. Di pinggiran jalan banyak kaki lima yang menawarkan menu hampir sama dan memajang gambar menu yang disajikan dengan ukuran yang besar. Menu spesial yang ditawarkan antara lain adalah burung dara goreng dan kepiting goreng. Dari gambar-gambar yang ditampilkan sih semuanya terlihat nikmat dan menggoda. Jadi makin laper nih! Hehehe...

Sebelumnya tour guide kami telah memberitahu bahwa hati-hatilah dalam memilih tempat makan terutama yang lesehan karena harga yang dikenakan bisa berbeda-beda antara tiap konsumen. Karena nasehat ini, maka kami memilih tempat makan yang memajang harga jual makanannya karena tidak semua kaki lima memasang harga dari menu mereka. Tebak, malam ini gue pesen menu apa?

Yapz! Gue mesen 1 ekor burung dara, 1 nasi, dan 1 gelas jeruk hangat. Sambil menyantap makanan, kami ditemani pengamen-pengamen yang bernyanyi di depan tempat kami makan. Memang di Malioboro pengamennya cukup banyak, apabila ingin makan di lesehan, siapkan recehan yang banyak yah. Hehehe... Next!

Setelah selesai melahap burung dara, misi kami selanjutnya adalah mencari oleh-oleh. Karena temen gue ingin membeli oleh-oleh kaos Dagadu asli, maka gue menghantarkan mereka ke kios Dagadu. Menurut informasi yang kami himpun dari tour leader kami, kios Dagadu asli hanya ada di mall Malioboro di lantai basment, tepat di depan toko buku Gramedia. Ternyata temen gue buanyak bingits beli kaosnya! Jadi sebagian besar waktu kami habiskan di kios Dagadu. Hahaha....

Dari Dagadu, tujuan gue selanjutnya adalah membeli celana pendek untuk ade kesayangan gue dan ga jauh dari mall Malioboro ternyata ada yang jual. Sip lah!

Tak terasa waktu sudah menunjukkan hampir pukul 10 malam, itu artinya kami harus segera kembali ke bus untuk melakukan perjalanan ke Jakarta. Aktivitas belanja pun dihentikan. Waktu-waktu selanjutnya kami habiskan dalam perjalanan.

Liburan hari ke-9

Di hari yang ke-9 ini, selama seharian kami masih berada di dalam perjalanan karena arus balik yang masih padat, padahal dijadwalkan bahwa hari ke-9 ini kami sudah tiba di Jakarta. Kami semua tidak menduga hal ini akan terjadi. Jalur pulang yang kami gunakan sama dengan jalur saat kami berangkat, yaitu lewat Bandung.

Liburan hari terakhir

Karena arus balik yang padat, gue baru nyampe rumah jam 2 dini hari di hari yang ke-10 ini, padahal pagi harinya gue harus ngantor! Tinggal beberapa jam lagi sampai gue harus berangkat ke kantor. Walaupun badan rasanya lelah, tetapi perasaan gue riang gembira. Ya iyalah, namanya juga abis liburan! Hehehe...

Sebagai bonus, di postingan akhir ini gue upload video karoke gue waktu di bus. Gue yakin lagunya pasti udah pada fimiliar bangets! Oh iya, maaf yah kalau bikin sakit kuping... (>.<) Hehehe... Enjoy!


Demikianlah rangkaian liburan gue kali ini. Ini merupakan salah satu rangkaian liburan terpanjang dan termenyenangkan yang pernah gue alami. Gue mengucapkan terima kasih dan sangat mengapresiasi kalian semua yang baca cerita gue dari hari pertama hingga hari terakhir ini. Hehehe... Sampai jumpa di liburan kami selanjutnya! Dan tunggu postingan-postingan menarik selanjutnya! Yuhuuu... \(^.^)/

No comments:

Post a Comment