Tuesday, February 3, 2015

Daftar BPJS Kesehatan di Bank BRI Ternyata Mudah

Hai hai... Apa kabar nih semuanya? Gue harap dalam keadaan sehat selalu yah! Nah, kali ini gue ingin menshare informasi yang mungkin bermanfaat untuk orang banyak, yaitu informasi cara mendaftar BPJS Kesehatan di Bank BRI. Selanjutnya dalam postingan ini, BPJS Kesehatan akan gue singkat menjadi BPJS saja.
BPJS Kesehatan
Mungkin belum banyak yang tau bahwa sekarang Bank BRI menerima pendaftaran BPJS dan agar lebih memudahkan kita dalam membayar premi, maka disarankan untuk memiliki rekening tabungan di BRI. Gue bukan promosi lho yah, hanya menyarankan. Alasannya karena menu pembayaran premi BPJS sudah terintegrasi di seluruh ATM BRI.
Bank Rakyat Indonesia (BRI)
Selanjutnya gue akan menjelaskan sedikit mengenai beberapa jenis BPJS, antara lain:
1) BPJS Ketenagakerjaan
BPJS Ketenagakerjaan merupakan kelanjutan dari program pemerintah yang dulunya bernama Jamsostek. Fungsi BPJS Ketenagakerjaan ini adalah sebagai jaminan hari tua. BPJS Ketenagakerjaan ini bisa didapatkan ketika kita bekerja di sebuah perusahaan.
2) BPJS Kesehatan
Nah, di postingan ini gue akan membahas mengenai syarat pendaftaran BPJS Kesehatan. BPJS Kesehatan merupakan program pemerintah yang memberikan jaminan sosial dalam bentuk jaminan kesehatan. Untuk menggunakan BPJS Kesehatan, kita harus menunjuk salah satu puskesmas yang berada di sekitar tempat tinggal kita sebagai tempat pertama untuk berobat jika jatuh sakit. BPJS Kesehatan memiliki beberapa kelas, yang tertinggi adalah kelas 1 dan yang terendah adalah kelas 3 dan tentu saja semakin tinggi kelasnya maka preminya semakin tinggi.

Latar belakang gue mendaftar BPJS adalah karena sebagian besar anggota keluarga gue belum memiliki asuransi kesehatan. Jadi gue sekalian ajah daftar, padahal gue sudah memiliki satu asuransi kesehatan yang dikelola swasta atas nama pribadi dan satu lagi asuransi kesehatan dari kantor tempat gue bekerja. Oleh karena itu pada kesempatan kali ini, gue mendaftar BPJS Kesehatan untuk keluarga bukan perorangan, sehingga dokumen yang diperlukan adalah untuk pembuatan BPJS Kesehatan satu keluarga. Oke, agar lebih memudahkan untuk dipahami maka gue langsung straight to the point ke syarat apa saja yang diperlukan untuk pendaftaran BPJS Kesehatan, maka gue akan membuat postingan kali ini lebih terstruktur. So, silakan disimak penjelasan gue. Hehehe...

Persyaratan dokumen yang diperlukan untuk mendaftar BPJS Kesehatan, antara lain:
1) Membawa Kartu Keluarga Asli.
2) Memberikan 1 lembar fotokopi kartu keluarga.
3) Memberikan 1 lembar fotokopi KTP masing-masing anggota keluarga yang tercantum dalam kartu keluarga, dalam hal ini ayah, ibu, anak, dan saudara kandung.
4) Memberikan 1 lembar fotokopi NPWP ayah sebagai kepala keluarga.
5) Memberikan 1 lembar pas foto berwarna 3x4 masing-masing anggota keluarga yang tercantum dalam kartu keluarga.
6) Membawa uang untuk pembayaran premi pertama semua anggota keluarga yang didaftarkan sesuai dengan kelas yang diambil.

Persyaratan dokumen yang diperlukan untuk mendaftar rekening Simpedes Bank BRI (Bank Rakyat Indonesia), antara lain:
1) Membawa KTP asli.
2) Membawa kartu NPWP asli.
3) Membawa uang tunai untuk pembukaan tabungan, minimal 100 ribu rupiah untuk Simpedes.
NB: Sebenarnya Bank BRI punya beberapa macam tipe tabungan, tetapi karena gue sudah punya rekening utama dan rekening di BRI ini hanya untuk memudahkan membayar premi BPJS, maka gue memilih Simpedes, karena biaya administrasi per bulannya lebih murah dibandingkan jenis tabungan BRI lainnya. Hehehe...

Setelah selesai mendaftar BPJS dan membuat rekening Bank BRI, kita akan mendapatkan kertas bukti pembayaran premi pertama BPJS dan kartu BPJS dijanjikan akan jadi 2 minggu kemudian. Karena gue mendaftar pada tanggal 3 Februari maka kartunya bisa diambil di BRI tempat gue mendaftar pada tanggal 16 Februari dengan membawa bukti pembayaran premi pertama..

So, sekarang lebih mudah khan daftar BPJS Kesehatan? Ayo, segera daftarkan keluarga Anda agar memperoleh manfaat dari BPJS Kesehatan! Semoga postingan ini bermanfaat bagi kita semua dan menjawab keraguan di benak Anda.

Demikian postingan kali ini, terima kasih sudah membaca. Salam sehat selalu!
\(^.^)/

39 comments:

  1. Replies
    1. Kalau perorangan sepertinya syaratnya sama deh. Terima kasih.

      Delete
  2. kalo gak punya NPWP gak bisa dong bikin BPJS

    ReplyDelete
    Replies
    1. Mengenai hal ini silakan ditanyakan langsung ke contact center BPJS-nya di nomor 500400.

      Referensi: http://bpjs-kesehatan.go.id/bpjs/

      Terima kasih.

      Delete
  3. Thks Bro,

    Bagaimana cara klaim nya, ya...sekarang, adakah syarat tertentu

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hi Bro, sebelumnya terima kasih sudah mampir. Setau saya untuk cara klaimnya cukup membawa kartu keanggotaan dan menyebutkan nomor keanggotaan. Untuk syarat tertentu saat ini, saya kurang begitu tahu. Silakan ditanyakan langsung ke contact center BPJS-nya di nomor 1500400.

      Referensi: http://bpjs-kesehatan.go.id/bpjs/

      Terima kasih.

      Delete
  4. nice info. ini BRI Cabang mana ya? apa semua cabang BRI bisa daftar BPJS atau hanya cabang tertentu? thx

    ReplyDelete
    Replies
    1. Untuk hal ini saya kurang tahu. Tetapi ada baiknya kita mendatangi kantor cabang Bank BRI karena saya membuat BPJS Kesehatan ini di kantor cabang BRI di daerah Sunter, Jakarta Utara yang bangunannya cukup besar, bukan kantor cabang pembantu.

      Terima kasih.

      Delete
  5. Bro. Kalau saya mewakili ibu saya untuk membuat BPJS di BRI dengan membawa persyaratan apakah bisa? Hanya untuk ibu saya saja

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hi Bro, sebelumnya terima kasih sudah mampir. Setau saya sih bisa, asalkan semua dokumen dan persyaratan yang saya sebutkan di atas dilengkapi. Semoga informasinya dapat membantu yah.

      Terima kasih.

      Delete
  6. Apa bpjs bisa langsung dI gunakan setelah proses pendaftaran selesai???

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sebelumnya terima kasih sudah mampir. Setelah proses pendaftaran selesai, ada jeda waktu beberapa minggu hingga kartu jadi dan bisa diambil. Setelah kartu keanggotaan jadi, barulah BPJS bisa digunakan. Semoga informasinya dapat membantu yah.

      Terima kasih.

      Delete
  7. Bos kl saya KTP nya wilayah Jakarta barat. Berarti harus ke BRI jakarta barat yaa.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sebelumnya terima kasih sudah mampir. Iya, disarankan untuk ke BRI yang paling dekat dengan alamat di KTP Anda, sehingga proses verifikasinya akan lebih mudah. Semoga informasinya dapat membantu yah.

      Terima kasih.

      Delete
  8. Apakah biaya persalinan untuk hamil di luar menikah juga dicover oleh BPJS?

    ReplyDelete
  9. Sekarang ud ga bisa daftar BPJS lg yah d BRI?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sebelumnya terima kasih sudah mampir. Setahu saya masih bisa, asalkan dokumennya lengkap seperti yang saya sebutkan di atas. Dan sekarang setahu saya, proses akhirnya sedikit lebih lama daripada dulu, karena harus menunggu 14 hari kalau tidak salah. Semoga informasinya dapat membantu yah.

      Terima kasih.

      Delete
  10. Kira2 kalau ikut dftr BPJS yg kelas 1.
    Berapa duit kita harus bayar tiap bulan nya???

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sebelumnya terima kasih sudah mampir. Untuk saat ini, yang kelas 1 dikenakan biaya per orangnya sebesar 59.500 rupiah tiap bulannya. Semoga informasinya dapat membantu yah.

      Terima kasih.

      Delete
  11. Itu bayar nya tiap bulan brp ya?
    Klau qt bkin untuk 1 keluarga

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sebelumnya terima kasih sudah mampir. Biayanya disesuaikan dengan kelas yang dipilih. Kalau kita membuat untuk 1 keluarga, maka biaya per bulannya dikalikan dengan jumlah anggota keluarga yang didaftarkan. Semoga informasinya dapat membantu yah.

      Terima kasih.

      Delete
  12. Enter your comment...sob untuk sekarag msih bsa g yah daftar bpjs di BRI?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sebelumnya terima kasih sudah mampir. Setahu saya sih masih bisa. Silakan dicoba. Jangan lupa membawa kelengkapan syarat-syarat di atas yah.

      Terima kasih.

      Delete
  13. Bro, biaya administrasi bayar BPJS per orang via BRI berapa ya?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sebelumnya terima kasih sudah mampir. Untuk biaya administrasi bayar BPJS via ATM tidak ada biayanya, hanya ada biaya administrasi bulanan seperti bank pada umumnya.

      Terima kasih.

      Delete
  14. Klo u/ daerah bekasi BRI ny yg dmn y, kta bsa dftar bpjs ?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sebelumnya terima kasih sudah mampir. Silakan coba datangi bank BRI terdekat dan langsung tanyakan ke bagian customer service atau bisa sekalian bawa dokumennya.

      Terima kasih.

      Delete
  15. Terimakasih atas informasi yang telah anda tuliskan pada artikel di atas dan sangat bermanfaat sekali. Obat Luka Pada Lidah

    ReplyDelete
  16. Kak kl yg daftar bpjs dlm satu KK hanya ibu saja boleh ga sih?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Mengenai hal ini silakan ditanyakan langsung ke contact center BPJS-nya di nomor 1500400.

      Referensi: http://bpjs-kesehatan.go.id/bpjs/

      Terima kasih.

      Delete
  17. Kak klo yang daftar bpjs d Kk cuma ibu saja gmana? Boleh g?

    ReplyDelete
  18. Kalo cuma daftarin buat kedua org tua ane bisa ga ya bro? Apa harus full 1 keluarga.saya kerja dan adik saya sbntr lg lulus SMA lgsg kerja

    ReplyDelete
    Replies
    1. Mengenai hal ini silakan ditanyakan langsung ke contact center BPJS-nya di nomor 1500400.

      Referensi: http://bpjs-kesehatan.go.id/bpjs/

      Terima kasih.

      Delete
  19. Klo mau daftar calon anak bisa juga di bank bri ??

    ReplyDelete
    Replies
    1. Setau saya kalau bisa memenuhi syarat-syarat yang saya sebutkan di atas seharusnya bisa. Perlu dicermati bahwa salah satu syaratnya adalah menyerahkan fotokopi KTP. Apakah anak tersebut sudah memiliki KTP?

      Terima kasih.

      Delete
  20. Thanks atas infornya gan, ternyata ada alternatif lain selain harus datang langsung ke kantor bpjs, semoga sudah berlaku di seluruh indonesia ya, karena kalo daftar di kantor bpjs antriannya puanjang banget.

    ReplyDelete
  21. Semoga tidak banyak antriannya yah, seperti di kantor bpjs pada umumnya, jadi bisa lebih cepat, baru tau ternyata daftar bpjs bisa dilakukan di bank bri, terima kasih atas infonya gan, bermanfaat.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Terima kasih juga Gan sudah berkunjung dan menulis komentar.

      Delete