Tuesday, June 26, 2012

Perbandingan Asus Transformer Prime, Microsoft Surface, dan iPad 3

Saat ini persaingan tablet semakin ketat, bahkan Blackberry Playbook sudah tersingkir dari pasar. Berikut adalah perbandingan antara Asus Transformer Prime, Microsoft Surface, dan iPad 3.

Asus Transformer Prime
Asus Transformer Prime
Tablet Android kali ini yang akan dibahas adalah Asus Transformer Prime. Ini merupakan salah satu dari tablet terbaik yang menggunakan Android, baik dari sisi desain maupun spesifikasi. Tablet ini menggunakan layar 10,4 inch, dengan panjang 7,1 inch dan lebar 1,3 inch plus kepadatan resolusi 1280 x 800.

Tablet Asus Eee Pad Transformer Prime juga termasuk yang pertama mengadopsi prosesor Nvidia Tegra 3 dengan quad core. Tak heran, versi ini merupakan tablet yang tercepat di kelasnya.

Sistem operasi di perangkat ini memang masih Honeycomb, namun pihak Asus menjanjikan pengguna tablet tersebut akan segera mendapatkan update ke Android Ice Cream Sandwich.

Salah satu kelebihan lainnya, tablet ini juga bisa berubah fungsi menjadi laptop, karena memang dipasangkan dengan docking keyboard fisik untuk mengetik.

Harganya sendiri sekitar USD 799 atau sekitar Rp 7,5 juta dengan model 32 GB dan USD 899 atau sekitar Rp 8,7 juta bagi yang ingin memiliki memori 64 GB.

Microsoft Surface
Microsoft Surface
Microsoft akhirnya merilis tablet buatannya sendiri yang diberi nama Microsoft Surface dengan Windows 8 sebagai OS-nya. Tabet ini nantinya akan terdiri atas dua model, yaitu Microsoft Surface Windows RT dan Microsoft Surface Windows 8 Pro.

Perbedaan keduanya adalah Microsoft Surface Windows RT menggunakan chipset ARM, dengan pilihan internal memori 32 GB dan 64 GB dikhususkan bagi pengguna tablet pada umumnya. Sementara Microsoft Surface Windows 8 Pro merupakan gabungan antara sebuah tablet dan full desktop OS dengan menggunakan prosesor Intel Ivy Bridge serta internal memori 64 GB atau 128 GB.

Kehadiran tablet Microsoft Surface bisa menjadi alternatif dan solusi dari ultrabook yang bisa dikatan masih dalam kisaran harga yang mahal, karena rumornya tablet dengan OS Windows 8 ini akan dijual sekitar 5 jutaan rupiah.
 
Apple iPad
iPad 3
Dari tampilan luar memang tak banyak perbedaan antara The New iPad dan generasi sebelumnya, iPad 2. Apple masih tetap menggunakan layar diagonal sepanjang 9,7 inci dan satu tombol utama di bagian tengah bawah untuk kembali ke menu utama.

Juga masih tetap tak ada slot kartu memori dan minus port USB. Warna yang tersedia juga hanya dua, hitam atau putih. Meski terlihat sama ternyata banyak perbedaan signifikan antara The New iPad dan iPad 2.

Berikut perbandingan spesifikasi ketiganya.

Tabel Perbandingan Ketiga Tablet di Atas

Microsoft Surface Transformer Prime iPad (3rd Gen)
OS Windows RT, Pro Android 4.0 iOS 5
Price 5 jutaan rupiah $799 $499
Screen Size 10.6 inches 10.1 inches 9,7 inches
Screen Tech
IPS LCD IPS LCD
Resolution
1280 x 800 1536 x 2048
Processor
Tegra 3 Apple A5X
Memory
1 GB 1 GB
Storage 32, 64 GB 32, 64 GB 16, 32, 64 GB
External Storage
Yes No
Thickness 0,36 inches 0,31 inches 0,37 inches
Camera
8 MP Rear 5 MP Rear


1,2 MP Front VGA Front
Accessories 3 mm keyboard case Keyboard Dock

3 comments:

  1. Yang dibandingin transformer pad infinity lah... Masa transformer prime yg udh ketinggalan jaman.. Hahaha

    ReplyDelete
  2. N surface yg pro harganya sekitar 10-11jt

    ReplyDelete
  3. Makasi banyak Damai atas masukan dan infonya. Hehehe...

    ReplyDelete