Friday, July 24, 2015

Goa Maria Sendang Sono di Jogja

Liburan hari ke-5 (bagian 1)

Hari ini memasuki hari ke-5 sejak kami meninggalkan kota Jakarta untuk sementara. Pagi ini kami bangun dan sarapan pagi di Hotel Ruba Grha, tentu saja dengan perasaan yang senang dan riang gembira. Namanya juga liburan, masa mau bersedih sih. Apalagi liburan kali ini bareng sama nyokap tercintah. Hehehe... Setelah selesai sarapan, rombongan kami berangkat ke Goa Maria Sendang Sono. HmMm... Goa Maria ini sudah sangat terkenal di Indonesia dan sudah ada sejak dahulu kala. Kayak apa sih tampak Goa Maria Sendang Sono saat ini, penasaran khan?! Langsung ajah gue ceritain yah. Hehehe...
My lovely Mom megang-megang ular phyton
Rombongan tour kami berfoto bersama di depan Hotel Ruba Graha
Di Sendang Sono, kami diturunkan di depan Gereja Promasan. Gereja ini sudah mengalami renovasi dan sekarang tampak rapi. Gue mencoba memasuki Gereja dan berdoa di dalamnya, rasanya begitu tenang dan damai. Hehehe... Next!
Tampak samping Gereja Promasan
Interior Gereja Promasan
Setelah selesai berdoa, kami menuju ke titik persiapan Jalan Salib. Tempat yang menjadi titik persiapan Jalan Salib di Sendang Sono ini sudah berubah banyak. Sekarang terdapat tempat untuk mencuci tangan dan kaki serta merendam tubuh atau mandi. Hal ini bisa kita lakukan sebelum memulai Jalan Salib. HmMm,.. Sangat menarik! Sayangnya, gue ga membawa baju ganti sehingga tidak bisa mencoba fasilitas untuk berendam, gue hanya mencuci tangan dan kaki. Setelah selesai mempersiapkan diri, kami memulai doa Jalan Salib.
Titik persiapan Jalan Salib Sendang Sono
Saat itu siang hari dan cuaca cukup terik. Di Sendang Sono terdapat 14 perhentian seperti lazimnya Jalan Salib biasa. Trek yang dilalui pun sudah direnovasi dan dirapikan. Panjang rute Jalan Salib dari titik persiapan hingga ke Goa Maria hampir 2 kilometer dan ini cukup menguras tenaga, tetapi semangat spiritual para peserta membuat mereka mampu menyelesaikan Jalan Salib di tengah teriknya cuaca.
Jalan Salib trek panjang Sendang Sono
Setelah selesai Jalan Salib, kami mengambil air pancuran dan berdoa di depan patung Bunda Maria. Uniknya, terlihat beberapa pengunjung muslim yang mengunjungi Goa Maria Sendang Sono yang merupakan situs religi umat Katolik. Setelah selesai menjalani ritual di tempat ini, kami berjalan kaki menuju tempat makan siang yang sudah ditentukan.
Goa Maria Sendang Sono
Berikut gue sertakan foto-foto Sendang Sono saat ini, silakan dilihat-lihat. Enjoy!
\(^0^)/
Kapel Para Rasul Sendang Sono
Sendang Sono (3)
Cheers! v(^.^)v
Lokasi Pancuran Air Sendang Sono (kiri gambar)