Friday, July 24, 2015

Dataran Tinggi Dieng di Wonosobo

Liburan hari ke-6

Pagi ini gue agak direpotkan saat bangun tidur, karena hari ini adalah hari terakhir kami berada di Jogja dan kami harus checkout hotel jam 8 pagi. Itu artinya kami harus packing! Tapi perjalanan tour tidak berhenti sampai di sini. Masih ada 2 destinasi wisata di Jawa Tengah yang harus banget kami kunjungi. Dan 2 destinasi terakhir ini gue rekomendasikan banget dah karena keindahan alamnya luar biasa eksotis! Wuaaahhh, seru bangets nih! Let's go~!!
Dharmasala, Dieng
Tujuan hari ini adalah dataran tinggi Dieng. Destinasi wisata ini menjadi cukup familiar sejak beberapa tahun lalu. Yang menarik dari Dieng adalah adanya beberapa spot yang menarik, pemandangan yang eksotis, dan suhu udara yang adem membuat tempat ini menjadi nge-hits saat ini. Mari kita coba buktikan!
Komplek Candi Arjuna, Dieng
Di dataran tinggi Dieng ada 3 spot destinasi wisata yang menarik, yang pertama adalah Telaga Warna, yang kedua adalah kumpulan candi-candi, dan yang terakhir adalah Kawah Sikidang. Perjalanan menuju ketiga tempat ini begitu mengesankan. Hamparan alam pegunungan yang indah di kiri dan kanan jalan, suhu yang adem, dan jalanan yang berkelok serta berliku membuat kami takjub dengan pemandangan di sana. Alam ciptaan Tuhan di tanah Jawa ini sungguh luar biasa! Kami merasa bangga dengan negeri Indonesia! Jalan yang berliku ini mirip dengan yang di Sarangan, seperti yang sempat gue posting tahun lalu, tetapi di Dieng ini pemandangannya jauh lebih indah. Perjalanan berliku ini kami lalu cukup lama untuk mencapai ketiga destinasi wisata di Dieng.
Kawah Sikidang dilihat dari jauh
Spot pertama yang akan kami kunjungi adalah Telaga Warna, tetapi sangat disayangkan sekitar 400 meter menuju ke tempat ini jalanannya sudah macet total. Daripada menghabiskan banyak waktu untuk menuju ke Telaga Warna, maka sopir bus memutar balik dan langsung menuju ke destinasi yang kedua, yaitu kumpulan candi.
Tempat penyewaan motor trail
Sebelum memasuki destinasi yang kedua ini, kami diharuskan membeli tiket yang berlaku di ketiga spot wisata ini. Harga tiketnya cukup murah, yaitu 10 ribu rupiah untuk mengunjungi ketiga tempat ini. Di tempat yang kedua ini kami mengunjungi komplek candi Arjuna. Berikut gue posting yah foto-foto kecantikan candi Arjuna karena agak sulit kalau harus diungkapkan dengan kata-kata. Hehehe...
Kawah Sikidang dilihat dari dekat
Setelah dari komplek candi Arjuna, kami menuju ke tempat yang berikutnya, yaitu Kawah Sikidang. Gue ceritakan sedikit yah mengenai kawah Sikidang ini. Kawah Sikidang merupakan kawah yang merupakan bagian dari gunung berapi tua di Dieng yang sudah tidak aktif lagi. Di sekitar kawah ini dapat kita temukan beberapa pedagang belerang. Belerang memiliki kasiat yang baik untuk kulit. Di tempat ini pula ada penyewaan motor trail. Cocok bagi Anda yang suka memacu adrenalin. Sebagai informasi, harga sewa motor trail ini sebesar 50 ribu rupiah untuk 20 menit. Next!
Air kawah dilihat dari dekat
Pemandangan yang paling menarik justru di kawah utamanya. Kawah ini berdiameter cukup besar dan dipagari dengan pembatas kayu. Di dalam kawah ini terdapat air kawah dengan suhu mendidih sehingga terlihat seperti ombak laut. Gue berusaha untuk mengabadikan foto kawah ini, tetapi dengan segala keterbatasan kamera gue, tetap akan gue tampilkan foto yang terbaik. Uap air dari kawah inilah yang membuat lensa seperti sedikit blur dan sulit menentukan titik fokus.
Gue di depan Kawah Sikidang d(^.^)b
Hari sudah mulai sore dan kami harus menuju ke hotel selanjutnya yang terletak di Baturraden. So, jangan bosen-bosen yah baca postingan tentang liburan gue kali ini karena Baturraden juga tak kalah menariknya dengan Dieng. Hehehe...

No comments:

Post a Comment