Friday, July 24, 2015

Goa Maria Gereja Hati Kudus Yesus Ganjuran di Jogja

Liburan hari ke-5 (bagian 2)

Setelah mengunjungi Goa Maria Sendang Sono, destinasi religi yang terakhir adalah Goa Maria Gereja Hati Kudus Yesus Ganjuran di Jogja. Mengapa destinasi ini begitu unik? Gue coba jelaskan yah!
Gereja Hati Kudus Yesus Ganjuran
Gereja Hati Kudus Yesus memiliki satu bagian yang berbentuk candi kecil dan di dalamnya terdapat patung Yesus. Seperti kita ketahui, di Indonesia arsitektur candi melekat erat dengan agama Budha, seperti Candi Borobudur atau Candi Prambanan, tetapi di tempat ini, bangunan candi justru didirikan di tempat religi umat Katolik. Nah inilah keunikannya!
Kondisi dalam candi
Menurut cerita yang beredar, dulunya lokasi Gereja Hati Kudus Yesus ini merupakan pabrik gula yang pemiliknya adalah orang Belanda. Karena pabrik gula ini dibumihanguskan oleh masyarakat sekitar, maka sang pemilik menghibahkan tanahnya untuk membangun tempat religi ini. Entah benar atau tidak cerita ini, tetapi tidak ada salahnya kita mengetahuinya. Hehehe...
Pancuran air di kompleks Gereja Hati Kudus Yesus Ganjuran
Setelah mengambil air pancuran dan berdoa di tempat ini, kami bersiap untuk kembali hotel. Kami tiba di hotel sekitar pukul setengah 9 malam karena jalanan cukup padat.
Jalan Salib di Gereja Hati Kudus Yesus Ganjuran
Setelah selesai mandi, sebenarnya gue bersama nyokap dan beberapa rekan-rekan yang lain jalan-jalan menuju ke Malioboro menggunakan taksi. Akan tetapi karena gue di sana hanya membeli oleh-oleh dan gue udah pernah menceritakan bagaimana suasana Malioboro di malam hari pada postingan tahun lalu, maka kali ini gue tidak akan menceritakannya lagi dengan alasan dalam satu tahun ini, Malioboro tidak mengalami banyak perubahan. Keesokan harinya kami akan meninggalkan kota Jogja dan menuju ke destinasi yang paling menarik dari rangkaian tour ini. Ikuti terus yah postingan selanjutnya!

No comments:

Post a Comment