Sunday, October 14, 2012

Manfaat Pelukan

Beberapa waktu lalu ada berita di TV Channel-7 Sydney bahwa bayi lahir prematur 27 minggu yang sudah dinyatakan meninggal, hidup lagi setelah 2 jam dipeluk ibunya. Yang dilakukan oleh si ibu, dikenal sebagai Kangaroo Care, yaitu perawatan bayi prematur dengan cara memberikan sentuhan kulit ke kulit antara si ibu dan bayinya.

Kisah nyata di atas juga membuktikan bahwa pelukan bisa memberi keajaiban-keajaiban, dan bisa kita praktekkan dalam kehidupan sehari-hari. Ibu Virginia, terapis keluarga dari Amrik bilang : "Kalau rumah tangga Anda diambang kehancuran, peluklah pasangan Anda 20 kali sehari, saya yakin Anda berdua tidak akan bercerai." Setiap orang butuh 4 kali pelukan / hari untuk tetap hidup, 8 kali untuk sehat, dan 12 kali untuk awet muda dan bahagia.

Saat berpelukan, tubuh melepaskan hormon oxytocin yang nyambung dengan rasa damai dan cinta. Hormon ini membuat jantung dan pikiran sehat. Pelukan dapat dilakukan kepada semua, suami / istri, kekasih, keluarga, anak, dan orang tua. Yang pasti pelukan harus bebas dari konotasi negatif apalagi gairah.

Ini juga berlaku pada anak-anak. Jika bayi Anda rewel, peluklah. Dia akan merasa aman, efeknya pada kekebalan tubuh. Pelukan juga dapat mengurangi sakit fisik maupun psikis, mengubah emosi negatif menjadi positif. Jadi, sekarang siapkan pelukan terbaik Anda untuk orang-orang yang Anda cintai!
Warm hug... (=^.^=)
Never! (>.<)
I really do love you... (=^.^=)

No comments:

Post a Comment