Monday, July 8, 2013

Kunjungan Perusahaan Mahasiswa Kelas Eksekutif B 24C Jakarta ke PT. Astra Daihatsu Motor dan Carrefour Indonesia

Mahasiswa Kelas Eksekutif B Angkatan 24 C Program Magister Manajemen Fakultas Ekonomika dan Bisnis Universitas Gadjah Mada (MM FEB UGM) Kampus Jakarta sebanyak 34 orang melakukan kunjungan perusahaan ke Astra Daihatsu Motor dan Carrefour Indonesia pada hari Sabtu, 22 Juni 2013.
Rombongan mahasiswa berangkat dari kampus tepat pukul 09.00 dengan menggunakan bus pariwisata. Bapak Adi Djoko Guritno, Ir., MSIE., Ph.D. turut serta dalam rombongan selaku dosen mata kuliahOperations Management sekaligus dosen pendampingSekitar 30 menit kemudian, rombongan tiba di perusahaan pertama, yaitu PT Astra Daihatsu Motor (ADM) yang beralamat di Jl. Gaya Motor Barat No. 1, Sunter Jakarta Utara. Rombongan mahasiswa kemudian diarahkan menuju satu ruang meeting besar. Di dalam ruangan itu mahasisiswa disambut oleh Bapak Kurniawan Rahardono (Dony), Division Head Production, Control & Planning dari ADM.
Sebelum penjelasan mengenai ADM dimulai, Bapak Adi Djoko Guritno memberikan sedikit penjelasan mengenai tujuan dilaksanakan company visit ini dan rasa terima kasih kepada ADM karena telah menerima kunjungan dengan baik. Kemudian, Bapak Agus Wiryatno, Division Head Production dari ADM menjelaskan profil perusahaan dan sejarah singkat ADM. Setelah penjelasan singkat di ruangan, rombongan kemudian diarahkan menuju assembly plant (pabrik perakitan). Di Assembly plant ADM Sunter ini rombongan diajak melihat secara langsung perakitan mobil Xenia dan Grand Max mulai dari pengecatan, perakitan mesin, hingga pengecekan terakhir unit mobil yang sudah selesai dirakit. Selama di dalam area assembly plant, rombongan diwajibkan menggunakan pelindung kepala dan berjalan di jalur hijau yang disediakan. Rombongan kembali diarahkan menuju ruang meeting untuk sesi tanya jawab. Pada sesi tanya jawab ini mahasiswa menanyakan soal manajemen manpower, manajemen hubungan dengan supplier, dan banyak lagi pertanyaan lainnya. Kunjungan di ADM diakhiri dengan penyerahan souvenir dari MM FEB UGM dan sesi foto bersama.
Setelah jeda untuk makan siang dan sholat dzuhur, rombongan melanjutkan ke perusahaan kedua, Carrefour Indonesia di Jl. Jend. A. Yani No. 83, Cempaka Putih Jakarta Pusat. Di Carrefour mahasiswa disambut oleh Bapak Sunarto Chandra, kepala Carrefour Cempaka Putih. Bapak Sunarto Chandra memberikan penjelasan mengenai sejarah Carrefour dan Carrefour di Indonesia, dilanjutkan dengan profil singkat perusahaan. Pada kesempatan itu Bapak Sunarto Chandra memberikan kebebasan kepada mahasiswa untuk bertanya langsung. Pertanyaan-pertanyaan yang terlontar mengenai strategi layout, manajemen merchandising, manajemen retur, strategi market, CSR, dan lainnya. Setelah sesi tanya jawab berakhir, rombongan berkesempatan untuk melihat langsung ke dalam gerai Carrefour sambil dijelaskan lagi mengenai layout dan merchandising, rombongan juga sempat masuk ke dalam gudang penyimpanan barang.  Puas berkeliling gerai, rombongan kembali ke ruangan dan mengakhiri kunjungan dengan penyerahan souvenir dari MM FEB UGM serta foto bersama.
Company visit ke PT. Astra Daihatsu Motor
Company visit ke Carrefour Cempaka Putih

No comments:

Post a Comment