Sunday, July 8, 2012

Camping Ekaristi 2012

Hallo guys! Ngeblog lagi nih gue. Hehehe... Kali ini gue akan kembali bercerita mengenai pengalaman gue, yaitu Camping Ekaristi! Camping Ekaristi ini diselenggarakan oleh Keuskupan Agung Jakarta (KAJ) yang menargetkan peserta seluruh orang muda Katolik dari usia remaja hingga usia 35 tahun dan belum menikah. Camping ini diadakan tanggal 6-8 Juli 2012 di Bumi Perkemahan CIbubur. Hebatnya lagi, dari target 2000 peserta anak muda, ternyata yang hadir mencapai 1200an peserta dari seluruh Jakarta, Tangerang, Bekasi, dan Depok. Langsung aja deh, gue ceritain gimana serunya kegiatan kita di sana. Hehehe...

Jumat, 6 Juli, gue ngambil jatah cuti kantor buat mengikuti kegiatan ini. Paroki Gerejaku sebenarnya menyediakan bus untuk akomodasi pulang pergi ke Cibubur, tetapi adik saya bersikeras ingin naik motor ke sana. Nyokap awalnya sempet keberatan, akhirnya gue boncengan dengan adik saya naik motor. Kami sudah janjian dengan beberapa teman kami yang juga naik motor. Sekitar pukul setengah 5 sore, kami berangkat dari Gereja dan menuju PGC untuk bertemu salah satu teman kami lagi yang berangkat menggunakan motor. Jalanan cukup padat. Sekitar pukul 7 kurang, kami sudah sampai di Bumi Perkemahan Cibubur dan acara pertama yaitu misa dimulai pukul 7 malam. Waktu terus mengejar...

Hari pertama, acara diisi dengan misa pembukaan, ibadat adorasi, dan malam keakraban. Ibadat adorasi dipimpin oleh Romo Yadi. Setelah ibadat adorasi, dilanjutkan dengan malam keakraban. Malam keakraban kali ini dipecah menjadi beberapa kelompok sesuai dengan letak tenda yang berdekatan. Malam keakraban ini diisi dengan bernyanyi bersama, joget bersama, dan lain-lain. Setelah acara malam keakraban selesai, sebenarnya acara yang resmi sudah selesai, tetapi saya dan teman-teman berkumpul dan kami memutuskan untuk nongkrong di warung kopi sambil cerita dan sharing. Tak terasa pukul setengah dua lewat tengah malam, mata ini terasa berat dan akhirnya saya memutuskan untuk ke tenda dan tidur, walaupun teman-teman saya masih melanjutkan ngobrolnya.
Peserta Camping Ekaristi 2012, sekitar 1200an anak muda berkumpul, amazing! \(^.^)/
Keesokan paginya, saya bangun sekitar pukul 6 pagi. Saya lalu mencari MCK terdekat untuk mandi. Setelah mandi, acara dilanjutkan dengan ibadat pagi per kelompok kompleks tenda. Lalu diteruskan dengan sesi sampai sore hari. Sore harinya diadakan pengakuan dosa. Sebenarnya pengakuan dosa sudah dimulai dari pukul setengah 5 sore, tetapi karena saya dan teman-teman harus latihan koor untuk misa malamnya, jadi saya menyusul mengaku dosa sekitar pukul 6 sore. Untungnya, antriannya sudah tidak terlalu panjang lagi. Pastor yang menerimakan pengakuan kurang lebih ada 23 pastor. Wow! Setelah mengaku dosa, dilanjutkan dengan misa. Di misa ini, OMK (Orang Muda Katolik) Paroki kami mendapatkan tugas untuk koor. Kami berusaha semaksimal mungkin dan dibantu dengan beberapa teman yang baru kami kenal di sana, akhirnya kami sukses dalam bertugas. Terima kasih Tuhan. Lalu acara dilanjutkan dengan Rainbow Story. Rainbow Story ini adalah acara kreatifitas per kompleks tenda yang totalnya ada 6 kompleks tenda sehingga ada 6 format kreatifitas yang berbeda. Kelompok saya kedapatan untuk mengadakan parodi. Acara ini sangat meriah, bahkan ditutup dengan break dance dan musik berbau disko. Hahaha... Walaupun rasa lelah melanda, yang namanya anak muda kalau sudah mendengar alunan musik, pada akhirnya berjoget juga dan lelah tak dirasakan. Bayangkan, 1200an anak muda berjoget, betapa meriahnya suasana malam itu. Setelah acara selesai, kami kembali ke tenda masing-masing. Namun yang namanya anak muda, ngga ada matinya! Walaupun badan sudah lelah dan rasa kantuk mendera, tetapi kami kembali ke warung kopi untuk mengobrol dan main kartu. Hahaha... Sekitar pukul setengah 3 malam, panitia mengharuskan kami kembali ke tenda dan saya memilih untuk tidur.
Suasana sewaktu ibadat pagi
Minggu, 8 Juli merupakan hari terakhir kami mengikuti rangkaian acara Camping Ekaristi ini. Pagi ini saya bangun sedikit terlambat, yaitu sekitar pukul 7 pagi. Seperti hari sebelumnya, saya mengawali hari dengan mandi terlebih dahulu. Lalu acara dilanjutkan dengan ibadat pagi. Setelah ibadat pagi, ternyata Uskup KAJ, yaitu Mgr. Ignatius Suharyo datang. Acara dilanjutkan dengan sesi dan misa yang dipimpin oleh Bapak Uskup didampingi dengan kurang lebih 16 pastor. Misa cukup meriah karena disisipi dengan tari-tarian. Di misa ini pula dilakukan kegiatan simbolik yaitu kegiatan pelepasan burung merpati. Lalu sekitar pukul 1 siang, kami makan siang dan rangkaian kegiatan acara pun berakhir. Saatnya untuk kembali ke rumah! Dari Cibubur, saya berangkat sekitar pukul setengah 3 sore dan sampai di rumah sekitar pukul 4 sore. Untungnya suasana jalanan tidak macet seperti hari Jumatnya.
Uskup Keuskupan Agung Jakarta (KAJ), Mgr. Ignatius Suharyo
Demikianlah cerita gue mengenai Camping Ekaristi yang diadakan di Cibubur dengan peserta sekitar 1200an peserta. Sebenarnya banyak hal sangat seru yang tidak bisa gue ceritakan di sini karena cukup sulit untuk dibahasakan. Intinya, kalian harus merasakan sendiri! So, lain kali, jangan lewatkan kesempatan seperti ini lagi untuk bertemu dengan anak muda Katolik se-Jakarta, Tangerang, Bekasi, dan Depok. Thanks God for everything! We love You! \(^.^)/
3... 2... 1... Cheese! v(^.^)v
Seperti kebiasaan gue, selalu menyertakan foto bonus di setiap postingan. Hehehe... So, kali ini cekidot dah foto-foto dari gue. Hehehe...
Boyband dari Paroki Santo Lukas, Sunter, yeah~!
Lagi sesi malah poto-poto... (~.~!)
Ketauan dah kalo gue lagi bobo pas sesi... (>.<)
No comment...
No comment...
Tigaan... \(^.^)/

No comments:

Post a Comment