Saturday, April 15, 2017

Berwisata ke Jurang Tembelan, Dlingo, Bantul, Jogja

Kawasan Mangunan memang memiliki banyak spot bagus untuk berburu sunset dan panorama pegunungan. Setelah terkenal sebagai negeri di atas awan, gardu pandang Mangunan yang terletak di komplek Kebun Buah Mangunan memang menjadi buruan wisatawan baik lokal maupun internasional.
Jurang Tembelan Kanigoro
Di daerah Mangunan memang tak hanya gardu pandang Mangunan saja yang terkenal, ada lagi yang lainnya, yaitu Bukit Panguk Kediwung, Bukit Mojo, dan yang terbaru adalah Jurang Tembelan. Jurang Tembelan masih tergolong sepi karena belum lama dikembangkan, tetapi akhir-akhir ini menjadi hits di sosial media karena gardu pandanganya yang unik dan pemandangan yang tak kalah bagus.
My lovely mother. Cheers! v(^0^)v
Lokasi Jurang Tembelan untuk menikmati pesona sunrise atau negeri di atas awan dengan kabut pagi hari ini berada tak jauh dari Kebun Buah Mangunan, tepatnya berada di sebelah timur. Dari jalan sudah terlihat papan petunjuk jalan ke Jurang Tembelan untuk mempermudah wisatawan yang sedang mencari tempat wisata baru ini.
Salah satu spot foto terbaik di Jurang Tembelan
Lokasi Jurang Tembelan ini tak terlalu besar atau luas, cukup sempit, tetapi memiliki pemandangan yang sangat menarik. Di kawasan Jurang Tembelan terdapat beberapa gardu pandang untuk menikmati sunset atau berfoto ria ala negeri di atas awan. Bedanya, di sini kita bisa melihat panorama kelokan Sungai Oya. Ada sekitar 2 sampai 3 warung kecil yang menjajakan kopi dan makanan ringan ala kadarnya untuk kebutuhan mengisi perut pengunjung. Lokasi ini masih cukup sepi, tetapi sangat menarik sebagai alternatif bagi yang ingin berfoto tanpa banyak kerumunan orang.
Pemandangan kelokan Sungai Oya
Untuk menuju ke lokasi Jurang Tembelan, pengunjung cukup mengikuti arah ke Gardu Pandang Mangunan saja. Tepatnya dari arah Jogja menuju ke arah terminal Giwangan dan lurus terus ke selatan sampai ke Pasar Imogiri, lalu ambil arah kiri, terus ke arah makam raja-raja dan terdapat pertigaan dengan papan petunjuk ke arah Kebuh Buah Mangunan dan hutan pinus, terus ikuti papan petunjuk ke arah Mangunan. Sesampainya di daerah pintu masuk gardu pandang, ada papan petunjuk ke Bukit Panguk, ikuti saja dan di kanan jalan ada petunjuk ke Jurang Tembelan. Akses jalan menuju ke Jurang Tembelan ini cukup ekstrim, tanjakan dan turunannya cukup curam sehingga disarankan untuk menggunakan sepeda motor yang kondisinya prima.
Spot foto terbaik lainnya di Jurang Tembelan
Sampai saat ini belum ada retribusi ketika masuk ke kawasan Jurang Tembelan, tetapi jangan lupa untuk menyiapkan uang Rp. 3.000,- untuk biaya parkir sepeda motor.