Sunday, January 3, 2016

Beringin Kembar Alun-Alun Yogyakarta

Beringin kembar di Alun-Alun Kraton Yogyakarta, keberadaannya memang tak lepas dari sejumlah mitos bernilai mistis. Dua beringin inilah yang cukup terkenal dengan permainan Masangin (masuk di antara dua beringin).
Beringin Kembar Alun-Alun Yogyakarta
Permainan Masangin ini rupanya tak sekedar permainan, permainan ini bahkan mengandung mitos dan legenda terkait peristiwa pada masa Sri Sultan Hamengku Buwono I bertakhta. Legenda yang beredar di masyarakat Yogyakarta dan Jawa sekitarnya menyebutkan, kala itu putri Sri Sultan Hamengku Buwono I akan dipinang oleh seorang pria. Namun karena Sang Putri tidak mencintainya maka dia menolak secara halus dengan meminta syarat jika ingin menikah dengannya maka lelaki itu harus bisa berjalan dengan mata ditutup dari pendopo yang ada di sebelah utara alun-alun kidul melewati dua beringin kembar di tengah alun-alun sampai ke pendopo yang ada di sebelah selatan alun-alun kidul. Dan ternyata pemuda itu gagal melewati tengah-tengah pohon beringin kembar tersebut.

Kemudian sang sultan memberikan sabdanya bahwa yang bisa melewati syarat sang putri itu, hanya pemuda yang hatinya benar-benar bersih dan tulus. Sampai pada akhirnya datang seorang pemuda dari Siliwangi yang berhasil melewati rintangan yang diisyaratkan oleh Putri Sultan, dan sang putri akhirnya dipersunting oleh pemuda tersebut, sehingga secara politik kemudian muncul kekerabatan yang erat antara Mataram dengan Kerajaan Siliwangi.

Selain itu, beberapa mitos juga menyebutkan bahwa beringin kembar di alun-alun kidul memiliki hubungan erat dengan laut selatan atau segoro kidul. Kepercayaan seputar mitos yang berkembang ketika di zaman Hamengku Buwono VI menyebutkan bahwa beringin kembar di alin-alun kidul merupakan pintu gerbang ke laut selatan. Dalam kepercayaan warga lokal, Keraton Yogyakarta disebut-sebut memiliki "hubungan spesial" dengan Nyi Roro Kidul, penguasa laut selatan.
Beringin kembar dilihat dari dekat
Penasaran dengan mitos mengenai beringin kembar ini, saat liburan akhir tahun, saya menyempatkan diri untuk mampir ke sini dan mencoba permainan Masangin tadi. Berikut adalah langkah-langkah bermain Masangin:
1) Berdiri di trotoar sebelah utara dari beringin kembar.
2) Menutup mata dengan menggunakan penutup mata yang nyaman sehingga tidak terlihat apapun.
3) Memutar badan 360 derajat sebanyak 3 kali.
4) Sebutkan permintaan Anda dalam hati.
5) Berjalanlah dengan yakin menuju ke tengah-tengah beringin kembar tersebut.
6) Apabila tidak berhasil, cobalah terus hingga Anda menyerah.
Saat mencoba melewati tengah-tengah beringin kembar dengan penutup mata
Kelihatannya sederhana bukan? Tetapi saat saya mencoba, saya pun berkali-kali tidak berhasil melewati tengah beringin. Padahal jarak antara beringin yang satu dengan yang lain sangatlah lebar. Namun saat percobaan keenam kali, saya menabrak tembok pagar salah satu beringin, hampir saja saya membuka penutup mata, kemudian saya berjalan ke samping menuju ke tengah-tengah beringin dengan mata yang masih tertutup. Memang hal ini kelihatannya mudah untuk dilakukan, tetapi silakan mencobanya sendiri apabila Anda penasaran betapa sulitnya melewati tengah-tengah beringin.
Jarak antar pohon beringin sebenarnya sangatlah lebar
Kota Jogja memang memiliki banyak sekali objek wisata yang menarik untuk Anda datangi. Terima kasih sudah membaca blog ini dan semoga bisa bermanfaat untuk Anda... \(^0^)/

1 comment:

  1. Sungguh pengalaman tak terlupakan saat saya berhasil melalui tengah antara 2 pohon beringin kembar di yogya

    ReplyDelete