Thursday, January 21, 2016

Drama Komedi Joko Tarub di Pesta Natal Ibu-Ibu Wanita Katolik Paroki Santo Lukas Sunter

Hari Sabtu tanggal 9 Januari 2015 lalu, ibu-ibu Wanita Katolik (disingkat WK) Paroki Santo Lukas mengadakan acara Pesta Natal 2015 & Tahun Baru 2016 bertempat di Aula Hendrikus. Acara ini dikhususkan bagi ibu-ibu Wanita Katolik yang dihadiri oleh wilayah-wilayah yang ada di Paroki Santo Lukas Sunter. Setiap wilayah menyumbangkan acara berdasarkan undian yang dilakukan beberapa bulan sebelumnya, seperti paduan suara, tari-tarian (dance), baca puisi, peragaan busana (fashion show) ala-ala sosialita, dan yang terakhir adalah drama komedi yang berjudul Joko Tarub. Drama komedi ini berdurasi kurang lebih 16 menit. Dan postingan kali ini akan membahas khusus mengenai drama komedi ini yang dimainkan oleh ibu-ibu WK wilayah Santa Emerensia, mulai dari proses persiapan, hingga sukses saat dipentaskan.
Para pemain drama komedi Joko Tarub
Pimpinan produksi dari drama komedi ini adalah Bu Angel, yang tidak lain dan tidak bukan adalahnya ibunda saya sendiri. So, inilah asal mulanya kenapa saya bisa terlibat di acara ini. Sebagai informasi, Bu Angel jugalah yang menulis naskah drama komedi ini.
Fashion Show ala Sosialita
Pada awalnya Bu Angel mengumpulkan ibu-ibu WK wilayah Santa Emerensia untuk memainkan drama komedi ini. Namun seiring berjalannya waktu, ibu-ibu ini kesulitan untuk menghafalkan naskah, oleh karena itu hanya beberapa hari sebelum dipentaskan, Bu Angel memutuskan untuk mendubbing semua dialog yang ada di naskah dan saya ditunjuk untuk melakukan dan menyelesaikan proses dubbing ini.
Tari Poco-Poco
Beberapa hari sebelum pentas, proses dubbing dilakukan dengan mengumpulkan semua pemain yang terlibat. Dubbing dilakukan di ruangan yang cukup luas dan hanya menggunakan software standar yang ada di Windows 10, yaitu Voice Recorder. Peralatan yang digunakan pun hanya laptop, menggunakan microphone yang sudah built in di laptop saya. Namun demikian, setelah diolah lagi ternyata kualitas suara yang dihasilkan lumayan baik.
Pengurus WK wilayah-wilayah yang ada di Paroki Santo Lukas
Setelah proses dubbing selesai, saya menggabungkan file-file audio hasil rekaman sesuai dengan urutan dialog di naskah. Tak hanya itu, saya juga menambahkan musik dan sound effect sesuai dengan arahan pimpinan produksi. Hasil suara dubbing ini kemudian diujicobakan sebanyak 2 kali kemudian direvisi sebanyak 1 kali.
Para Peserta
Hari yang ditunggu pun datang. Sebelum acara dimulai, saya melakukan check sound dengan mengetes kejernihan suara speaker aula sehingga dialog dapat terdengar jelas. Setelah yakin suara yang dihasilkan bagus, kami menunggu giliran untuk pentas. Saya stand by untuk mengatur sound dan dokumentasi selama drama ini berlangsung sedangkan para pemain berganti pakaian.

Show pun dimulai dan video di bawah ini adalah hasilnya!

Gimana menurut kalian? Lumayan lucu lah yah!

Kami ingin mengucapkan terima kasih kepada semua pihak yang telah membantu. Ucapan terima kasih juga dihaturkan kepada:

Pimpinan produksi: Bu Angel
Penulis naskah: Bu Angel
Para pemain: Ibu-ibu WK Wilayah Santa Emerensia
Dubbing Specialist: Derry Christian
Dokumentasi: Derry Christian
Video Producer: Derryku Production
dan Media Partner: http://derryku.blogspot.com

Evaluasi dan pembubaran pemain pun telah dilakukan pada hari Rabu tanggal 20 Januari 2015 di salah satu restoran Chinese food ternama di Jakarta Utara.
Evaluasi dan pembubaran pemain drama komedi Joko Tarub
Terima kasih sudah membaca. Enjoy the show! \(^0^)/

No comments:

Post a Comment