Friday, March 2, 2012

Berbagai Hal Mengenai Virtual Private Network

Dari Derry Christian

Seiring dengan lajunya perkembangan teknologi, sistem komunikasi data yang terintegrasi saat ini telah menjadi salah satu kebutuhan utama bagi sebuah institusi, perusahaan, maupun lembaga pendidikan yang memiliki cabang di berbagai daerah. Server client dapat terhubung langsung ke pusat serta mengakses database, file, dan email melalui jaringan internet. Dalam proses tersebut diperlukan suatu aplikasi yang dapat melindungi keamanan data. Sistem aplikasi tersebut adalah (Multi Protocol Label Switching) MPLS berasiterktur VPN (Virtual Private Network) dan IP Security (IP Sec) yang terkoneksi melalui jaringan internet membentuk topologi berbasis WAN (Wide Area Network) dengan skala luas.

VPN (Virtual Private Network) adalah suatu jenis layanan komunikasi data any to any connection berbasis IPSec (IP Private) dengan menggunakan perangkat keras (hardware). MPLS adalah teknologi layanan komunikasi data pada jaringan backbone berkecepatan tinggi. VPN memungkinkan untuk terkoneksi ke jaringan publik dan dapat terhubung ke jaringan lokal atau cabang. VPN dapat terjadi antara dua host atau lebih dari jaringan yang berbeda dengan menggunakan teknologi tunneling dan enkripsi. Dengan menggunakan MPLS berasitektur VPN/IPSec ini melindungi informasi dari pencurian atau pemalsuan melalui teknik penyandian praktis serta tidak bisa ditembus oleh serangan pencuri data (hacker).

Salah satu feature MPLS adalah kemampuan membentuk tunnel atau virtual circuit yang melintasi networknya. Kemampuan ini membuat MPLS berfungsi sebagai platform alami untuk membangun virtual private network (VPN).


Lapisan pengamanan tambahan seperti IPSec dapat diaplikasikan untuk data security, jika diperlukan. Namun tanpa metode semacam IPSec pun, VPN dengan MPLS dapat digunakan dengan baik.


Di dalam VPN, customer dapat membentuk hubungan antar lokasi. Konektivitas dapat terbentuk dari titik mana pun ke titik mana pun (banyak arah sekaligus), tanpa harus melewati semacam titik pusat, dan tanpa harus menyusun serangkaian link dua arah. Ini dapat digunakan sebagai platform intranet yang secara efisien melandasi jaringan IP sebuah perusahaan. Ini juga dapat digunakan sebagai extranet yang menghubungkan perusahaan-perusahaan yang terikat perjanjian.

No comments:

Post a Comment