Monday, March 26, 2012

Phising dan Bahayanya


Phising adalah sejenis tindakan yang berniat jahat kepada seseorang, biasanya dengan mengirimkan halaman suatu keanggotaan yang di buat hampir mirip dengan halaman aslinya dengan tujuan untuk mencuri data pribadi atau rahasia milik seseorang atau kelompok. Waspada para pemilik account yang berisi uang seperti Bank Online, jejaring social misal Facebook. Sang pembuat phising tersebut biasanya mengirimkan email yang berpura-pura seperti pemberitahuan untuk merubah akun dengan harus membuka halaman yang sudah ditujukan kemudian calon korban diminta untuk mengisikan datanya. Dengan cara seperti itu sang phisinger bisa mendapatkan mangsanya. Banyak sekali jenis kejahatan dunia maya mulai dari pencurian password, hacker, dan masih banyak lagi.

Sebagaimana layaknya memancing, phising menggunakan “umpan” dan “tali pancing” untuk menarik si “ikan”, umpannya bisa banyak hal. Misalnya umpan menakut-nakuti dengan menyatakan akun social media atau akun bank Anda bermasalah dan Anda harus segera login melalui link yang diberikan. Atau Anda baru saja terpilih untuk mengikuti program upgrade Facebook supaya Anda bisa melihat siapa saja yang berkunjung ke halaman anda. Tapi tentu saja, semua ini pada ujung2nya hanyalah upaya untuk membuat Anda menggigit mata kail si pelaku.

Biasanya, begitu Anda tertarik dan mengklik link yang diberikan, Anda akan dibawa ke halaman website bank / social media yang dimaksud. Ketika Anda login, tidak terjadi apa-apa. Andapun bingung, kemudian mencoba beberapa kali lagi. Karena tidak berhasil, Andapun meninggalkan halaman itu, dan melupakan semuanya. Beberapa hari kemudian, ketika Anda berniat login ke akun social media anda, ternyata password yang biasa digunakan sudah tidak bisa. Teman-teman Anda pun menyampaikan komplain kalau akun social media Anda bertindak aneh-aneh.

Waspadalah terhadap kejahatan dunia maya.

No comments:

Post a Comment